Pengembangan Portopolio untuk Penilaian Siswa : Portofolio dalam pendidikan merupakan sekumpulan hasil pekerjaan siswa sebagai bentuk dari pelaksanaan tugas secara bersama oleh siswa dan guru atau juga oleh siswa dan oleh guru saja untuk tujuan pencapaian tujuan dalam belajar atau pencapaian kompetensi.

Portofolio termasuk komponen yang dapat digunakan dalam penilaian siswa dan juga termasuk kategori instrumen untuk melakukan penilaian kerja siswa. Sebagai instrumen, portofolio berfokus pd dokumen kerja yang bersifat produktif, maksudnya yaitu "bukti"dari pekerjaan siswa atau peserta didik.
Pengembangan Portopolio untuk Penilaian Siswa
Pengembangan Portopolio untuk Penilaian Siswa

Dari portofolio, seorang Guru dapat melihat perkembangan siswanya dari segi berpikir, pemahaman siswa, kemampuan dalam mengungkap suatu gagasan, sikap siswa terhadap pelajaran tertentu dan lain sebagainya. Selain itu, tujuan dari portofolio ini juga yaitu untuk bahan dalam mempertimbangkan langkah-langkah dalam memperbaiki proses pembelajaran jika masih terdapat kekurangan.

Keuntungan menggunakan portofolio ini yaitu dari portofolio Guru bisa memberi kesempatan kepada peserta didik ikut serta menilai dirinya sendiri. Selain itu juga siswa diberikan kesempatan untuk bisa menunjukkan kemampuan problem solving siswa, kesempatan menggunakan nalarnya, kesempatan untuk melakukan komunikasi aktif, kesempatan melakukan penyelidikan terkait portofolio yang ditugaskan, dan dapat berkarya atau berkreasi.

Bagi Guru portofolio bisa digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi dengan orang tua siswa bersangkutan tentang kemajuannya dalam belajar. 

Supaya lebih jelas tentang mekanismenya silahkan baca di  :  Pengembangan Portopolio untuk Penilaian Siswa

Demikian postingan yang dapt saya sampaikan. Mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kekurangannya. Mudah-mudah dapat bermanfaat bagi kita semua.

Silahkan Download Juga Kumpulan Aplikasi Administrasi Guru di bawah ini :


    Post a Comment

     
    Top