Buku Administrasi Guru Kelas Sekolah Dasar ( SD ) Terbaru
Guru merupakan sebuah profesi yang memiliki ruang lingkup sebagai pendidik, pengajar, dan pelatih peserta didik dalam wadah atau lingkungan pendidikan. Hal ini senada dengan pendapat yang dikemukakan Uzer Usman (1995:7) bahwa : Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Dalam UU No. 20 tahun 2003, mendidik adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

Menurut Tyson dan Caroll menyatakan bahwa mengajar adalah sebuah cara dan sebuah proses hubungan timbal balik antara guru dengan siswa yang sama – sama aktif melakukan kegiatan. Sedangkan Tordif berpendapat bahwa mengajar adalah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang (guru) dengan tujuan membantu dan memudahkan orang lain (siswa) untuk melakukan kegiatan belajar. Adapun konsep baru tentang mengajar menyatakan bahwa mengajar adalah membina siswa bagaimana belajar, bagaimana berfikir dan bagaimana menyelidiki.

Membimbing seperti yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, dan tut wuri handayani. Kalimat ini mengindikasikan bahwa pendidikkan harus memberi contoh, harus dapat memberikan pengaruh, dan harus dapat mengendalikan peserta didik.

Mengarahkan mengandung pengertian membawa, menunjukkan, membimbing siswa ke arah yang diharapkan. Biasanya ditujukan ke sesuatu yang bernilai positif.

Melatih sederhana dapat diartikan yaitu segala upaya untuk meningkatkan kemampuan tentang sesuatu secara menyeluruh dengan proses yang sistematis dan berulang-ulang.

Menilai adalah proses sistematis meliputi pengumpulan informasi (angka, deskripsi verbal), analisis, interpretasi informasi untuk membuat keputusan

Mengevaluasi, menurut pengertian bahasa kata evaluasi berasal dari bahasa Inggris evaluation yang berarti penilaian atau penaksiran (John M. Echols dan Hasan Shadily: 1983). Menurut Stufflebeam, dkk (1971) mendefinisikan evaluasi sebagai proses menggambarkan, memperoleh, dan menyajikan informasi yang berguna untuk merumuskan suatu alternatif keputusan.

Dari ungkapan diatas pada dasarnya guru merupakan profesi yang memiliki tugas dan tanggung jawab mendidik, mengajar, dan melatih peserta didik menuju arah kedewasaan. Dalam hal ini guru memandu seluruh tahapan perkembangan peserta didik, baik yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya sehingga mampu berkembang sebagaimana yang diharapkan. Untuk keberhasilan tugas guru di atas diperlukan perangkat administrasi yang lengkap.
Dalam blog UPTD Pendidikan Kecamatan Mlarak kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang beberapa contoh administrasi Guru dan Kepala Sekolah Dasar.

Admnistrasi guru pada jenjang Sekolah Dasar sebenarnya sangat banyak dan lengkap, karena banyaknya para Guru kadang ada yang enggan mengerjakan dengan baik dan lengkap, jika tidak di kerjakan dalam waktu yang lama maka administrasi tersebut akan numpuk seperti gunung es dan ketika melihat pekerjaan yang numpuk, guru akan malas mengerjakannya.

Ini salah satu solusi , pada tulisan ini terdapat beberapa contoh format atau buku-buku administrasi guru dan kepala SD khususnya di lingkup UPTD Pendidikan Kecamatan Mlarak . Anda bisa dengan mudah mendownload dengan meng klik tulisan-tulisan dibawah ini untuk mendownloadnya secara gratis tis tis tis. Setelah anda download silakan ekstrak kemudian lakukan pengembangan dan penyesuaian sesuai dengan kondisi.

Untuk Guru Kelas dan Mapel silakan download di bawah ini ekstrak filenya:
Kalender Pendidikan TP.2015-2016
Administrasi Kegiatan Tatap Muka, Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur dan Penugasan Terstruktur
Buku-Buku Administrasi Kegiatan Les dan Tambahan Pelajaran.
Instrumen Penilaian Paikem di Kelas
Buku-Buku Administrasi Kegiatan extra Kurikulair
Contoh Daftar Nilai Siswa
Instrumen Supervisi Kepala Sekolah thd Guru Kelas atau Mapel
Contoh Format Data Kelas
Buku-Buku Administrasi Perencanaan Pembeljaran
Contoh Buku-Buku Admnisitrasi Pengelolaan Kelas
Buku-Buku Administrasi Penilaian Pembelajaran 
Beberapa Contoh SK Kepala Sekolah
Buku-Buku Admnistrasi Bimbingan konseling di SD

Untuk Kepala Sekolah silakan download di bawah ini kemudian ekstrak filenya :
KRITERIA_KETUNTASAN_MINIMAL_(KKM).rar
Buku-Buku_Adm_Umum.rar
Buku-Buku_Adm._Inventaris.rar
Buku-Buku_Adm._Kepegawaian.rar
Buku-Buku_Adm._Lain-Lain.rar
Buku-Buku_Adm._Surat_Menyurat.rar
Contoh_Kode_Etik_Sekolah.rar
Contoh_Peraturan_Akademik_.rar
Contoh_SK_Beban_Kerja_Guru.rar
Laporan_Kesiswan_awal_Tahun.rar
Cover_2.rar
Cover.rar
Buku-Buku_Adm._Kesiswaan.rar
Instrumen Supervisi Kepala Sekolah


Silahkan Download Juga Kumpulan Aplikasi Administrasi Guru di bawah ini :


    Post a Comment

     
    Top